Cara Gila Reschedule Tiket Kereta Api

Desember tahun lalu, saya telah memesan tiket kereta api PP Yogyakarta-Bandung untuk menghadiri wisuda adik ipar. Sengaja dipesan sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket dan bisa memilih harga yang tepat ( baca;harga yang termurah XD ). Awalnya pihak kampus menjadwalkan wisuda antara tanggal 31 Januari-2 Februari. Namun kemaren kami mendapatkan informasi bahwa pelaksanaan wisuda diundur seminggu. Istri yang pertama membaca kabar tersebut langsung kaget mungkin ia melihat uang-uang yang hancur tergilas kereta. Dan sebagai suami saya tentu harus bersikap tenang, maka saya bersikap pura-pura tenang 😀

Saya kurang tahu apakah tiket online bisa direschedule. Memang sih kebijakan negara saja bisa gonta-ganti, masa urusan tiket tidak bisa. Namun karena belum punya pengalaman saya masih ragu. Setelah mengumpulkan informasi dari beberapa blog dan website PT.KAI ternyata tiketnya bisa direschedule. Pagi tadi saya segera meluncur ke Stasiun Yogyakarta a.k.a Stasiun Tugu.

Disana saya langsung mengambil antrian untuk bertemu Customer Service. Layanan ini ternyata sudah buka sejak pukul 7.00 WIB. Petugas membantu mengisi formulir dan kemudian mengarahkan saya untuk langsung ke loket nomor 3. Petugas CS-nya ramah, sopan dan memiliki senyum mempesona. Saya perkirakan usianya mungkin masih 20-an. Meskipun begitu saya sama sekali tidak tertarik, saya harus bisa menjaga diri dan lagipula dia adalah laki-laki :mrgreen:

Loket No.3 adalah loket yang khusus mengurus pembatalan dan perubahan jadwal. Petugasnya membantu mencarikan kursi yang masih kosong. Saya meminta agar kelasnya tetap sama dengan pemesanan awal, anggap saja semacam bentuk konsistensi. Halah, sebenarnya supaya tidak rugi terlalu banyak :mrgreen: Alhamdulillah ada kelas yang sama untuk tiket keberangkatan. Namun untuk tiket pulang, saya terpaksa pindah kelas karena kelas sebelumnya telah penuh. Akhirnya saya harus membayar selisih harga dan ditambah dengan biaya 25% dari tiket awal.

Ternyata prosesnya tidaklah rumit. Bagi yang ingin melakukan perubahan jadwal keberangkatan atau pembatalan tiket, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan;

  • Mandilah yang bersih sebelum berangkat, jangan sampai kehadiran kita menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain yang berada di loket. Bau mu Harimau mu.
  • Jika berencana ke loket pada pagi hari, usahakan shalat dhuha dulu di rumah agar semua urusan dimudahkan dan dilancarkan. Ini pesan-pesan istri sebelum tadi saya berangkat.
  • Siapkan tiket asli atau print-out kode boking jika pemesanan awal dilakukan secara online. Jangan lupa juga membawa KTP karena bisa saja petugas meminta identitas diri.
  • Menyiapkan uang untuk biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket awal dan kemungkinan biaya untuk selisih harga tiket jika pindah kelas.
  • Pastikan status stasiun karena perubahan jadwal ataupun pembatalan tiket hanya bisa dilakukan di stasiun-stasiun besar.
  • Namun yang terpenting adalah pastikan tiket yang mau di reschedule adalah tiket kereta api dan bukan tiket konser atau tiket bioskop. Ini sangat berpengaruh terhadap layanan yang diberikan petugas stasiun. 😀

Semoga setelah ini tidak ada perubahan jadwal wisuda lagi.

Dan kami bisa melihat Sarjana Kedokteran Unpad pemilik IPK 3,95 berdiri dengan toga di kepala. cie cie 😀

——-
Judulnya jangan terlalu difikirkan, itu hanya semacam trik menarik massa saja  :mrgreen:

17 responses to “Cara Gila Reschedule Tiket Kereta Api

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb….

    Tulisannya benar-benar ramah sehingga membuat pembaca tersenyum, malah ketawa. Saya senang membaca tulisan santai bersama pesan-pesan yang mencuit hati. Alhamdulillah, setakat hari ini saya belum pernah terjebak dengan reshcedule tiket apa-apa kecuali jadual masuk kuliah sahaja.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

Tinggalkan Balasan

