Setua Ini Baru 26 Persen

Telah kemana saja saya dalam puluhan tahun ini? Sudah setua ini, kemana saja?

Puluhan tahun?

Iya, sengaja tidak saya sebut angka pastinya karena itu mengindikasikan umur dan umur adalah hal kadang menjadi tabu untuk dibicarakan. Kata-kata tua sudah cukup mewakili πŸ˜€

Dari sekian puluh tahun hidup ternyata saya belum kemana-mana. Padahal bumi ini sangat luas, tidak peduli ia bulat, lonjong atau datar. Beberapa hari terakhir, teman-teman di facebook telah mengukur luas bumi tersebut dengan mengupdate provinsi-provinsi di Indonesia yang telah mereka kunjungi. Banyak yang telah menginjakkan kakinya di lebih 2/3 provinsi. Bahkan tidak sedikit yang hampir khatam.

Enam tahun lalu, saya pernah membuat list yang kira-kira maksudnya hampir sama. Semuanya menjadi bagian dariΒ pencapaian 100 mimpi. Saat itu jumlah provinsi yang sayaΒ kunjungi masih sedikit sekali dan saat melihat kembali progres-nya hari ini, ternyata tetap masih sedikit :mrgreen: Mungkin karena saya tipe laki-laki setia yang betah di tempat kelahiran, jadi tidak mudah tertarik berkunjung ke tempat lain. Jiaah alasan. Tapi saya memang setia koq.

Sampai saat ini saya telah pernah tinggal dan menetap di 3 Provinsi; Sumatera Barat, DKI Jakarta dan DI Yogyakarta. Dan selain itu ada 6 provinsi yang pernah saya kunjungi; Sumatera Utara, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kunjungan tersebut untuk misi yang berbeda-beda, ada yang dalam misi cinta, misi agama, misi kerja, misi damai dan.. haalaah… Sudahlah.

Total baru 9 dari 34 provinsi yang dikunjungi dan itupun hanya berada di Pulau Sumatera dan Jawa saja. Sedangkan wilayah timur belum terjejaki satupun. Semoga suatu hari nanti ada kesempatan untuk rukuk dan sujud disana. Semakin banyak tempat sujud semakin banyak yang akan menjadi saksi di akhirat kelak.

Jadi kesimpulannya saya baru menempuh 26% saja dari seluruh provinsi yang ada. Tapi persentase tersebut tidak berlaku untuk rasa nasionalisme yang ada di dada. Namun bisa jadi itu menjadi representasi persentase jumlah gaji yang tersisa saat menjelang pertengahan bulan πŸ˜€

Salam 26 Persen.

 

25 responses to “Setua Ini Baru 26 Persen

  1. Boleh lah.. kapan” nge share hasil perjalanan destinasi nya.. 😁 kali aja jadi tmpt buruan wisata bagi para kelilingers selanjutnya..

  2. Menarik … saya belum kepikira buat persentase seperti ini, tapi sepertinya 0.2 – 0.3 % adalah angkanya, dan berharap bisa bertambah lebih cepat dari umur.

    salam dari Sulawesi Selatan … misi apapun sulsel selalu menarik . πŸ™‚

  3. Saya alhamdulillah kecil sampai sma tinggal di jateng, kuliah tinggal di DIY, pernah kerja di DKI setahun dan kini kerja di jatim. kuliah lagi di jabar. Seluruh propinsi di jawa dah pernah ditinggali. Eh, tinggal banten yang belum.

    Kalau yang sudah pernah dikunjungi ada 15. Berkunjungnya juga karena menunaikan tugas negara πŸ™‚

    • Wah luar biasa mba, udah lebih 50% πŸ˜€ udah keliling kemana-mana.

      Semoga nanti tidak ada penambahan provinsi baru, kalau nambah kan persentase jadi makin kecil XD

  4. ngikuuuuut mas….
    tinggal di jawa tengah,
    propinsi yang pernah dikunjungi: Jatim, Jabar, DIY, DKI, Lampung, Sumut, Sultra, Ambon, Kaltim, Bali

    yah… dikit.. 😦

  5. Emm, menunjukkan tingkat gaji bang? Saya agak setuju, salah satunya. Yg lainnya, tentu saja waktu yg dimiliki masing-masing kalian. Saya baru 8 provinsi, masih mimpiin 3 pulau besar, kalimantan, sumatera, sama papua. Heheu :p

  6. Hehehe…bersyukur dengan 26% nya ya Mas.
    Saya? Hadeuh lebih rendah dari itu, padahal usia sudah 5+ nih.
    Nah kan, saya sudah setua itu…

    Salam dari saya di sukabumi,

Tinggalkan Balasan

