Hakikat Menulis

menulis

Awalnya saya hanya diminta hadir untuk membuka acara tetapi karena pembicaranya urang awak, saya duduk dan bertahan lebih lama. Acara pelatihan kepenulisan yang diadakan UKM Jurnal Paradigma HMP UGM tersebut mengundang Dr. Phil. Ana Nadhya Abrar, MES, dosen Fakultas Fisipol UGM.

Menurut Bang Abrar, menulis itu mudah asalkan tahu hakikatnya. Ada 3 hakikat menulis; ekspresi, pengalaman dan narasi. Ekspresi adalah ungkapan yang akan menunjukkan siapa sesungguhnya penulis yang tergambar melalui pernyataan, gagasan dan perasaan dalam tulisan. Pengalaman, merupakan sumber sebuah tulisan baik pengalaman diri sendiri atau pengalaman orang lain yang ia dapatkan melalui pengamatan, wawancara atau membaca buku. Sedangkan narasi adalah sebuah seni menggabungkan ekspresi dan pengalaman dalam kerangka yang tepat.

Jika hakikat menulis sudah difahami maka langkah-langkah dalam menulis akan menjadi sangat mudah. Langkah-langkah tersebut berupa; mengumpulkan dan klasifikasi pengalaman, menentukan ekspresi, memilih narasi, menetapkan plot, membuat outline dan elaborasi outline. Sesingkat itu saja, jadi seharusnya tidak ada alasan bagi orang untuk mengatakan bahwa ia tidak bisa menulis.

Kita hanya perlu mencoba dan terus berlatih. Menulis adalah latihan, kita tidak bisa bagus dalam semalam, butuh ketekunan dan kesabaran. Merutinkan menulis setelah subuh dan sebelum tidur merupakan salah satu bentuk ketekunan yang dicontohkan Bang Abrar. Selain itu ia menuturkan bahwa ia butuh waktu 27 tahun dalam ketekunan dan kesabaran. Selama masa itu ia mengumpulkan banyak biografi dan mempelajari cara penulisannya hingga akhirnya ada yang memintanya untuk menulis biografi dengan bayaran sebuah mobil. Itu ketekunan yang panjang dan kesabaran yang melelahkan tapi berbuah manis.

Poin ketekunan begitu jleb, terutama untuk blog ini:mrgreen:

7 responses to “Hakikat Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s