Hasil Pilgub Sumbar 2015

lapas-tps-130830c

Perhelatan pilkada serentak dimulai, ini merupakan catatan baru dalam sejarah pemilihan kepala daerah di Indonesia. Banyak Provinsi/Kab/Kota yang akan menemukan pemimpin barunya. Bagi saya tentu tidak ada yang lebih menarik selain “pertarungan” sesama petaha di panggung Pilgub Sumatera Barat; Irwan Prayitno versus Muslim Kasim.

Siapakah yang nantinya akan diberi amanah untuk memimpin Sumatera Barat ke depan?
Jika indikator menghitung adalah dukungan parpol, maka Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-FB) berpeluang untuk menang karena adanya dukungan dari banyak parpol (Golkar, PAN, PPP, Nasdem, Demokrat, Hanura, PKB, PBB, PDIP, PKPI). Kondisi tersebut berbeda dengan Irwan Prayitno-Nasrul Abit (IP-NA) yang hanya didukung 2 parpol (PKS, Gerindra). Berdasarkan pada data Pileg 2014 maka total suara partai-partai pendukung MK-FB mencapai 1.854.403 suara sedangkan total suara partai pendukung IP-NA hanya 554.040. Itu artinya MK-FB bisa menang dengan perolehan 77% suara.

Tapi itu hanya dapat terjadi jika terpenuhinya dua syarat. Pertama, partai-partai tersebut harus mampu meyakinkan kembali seluruh konstituennya untuk memilih MK-FB. Kedua, konstituen partai tersebut haruslah para pemilih “militan” yang memiliki ikatan emosional kuat dengan partainya. Jika syarat ini tidak terpenuhi maka angka 77% tersebut bisa berkurang bahkan berpeluang terjun bebas. Syarat ini penting diperhatikan karena dukungan struktur partai terhadap satu calon kepala daerah tidak selalu merupakan representasi dari dukungan seluruh pemilih partai tersebut. Terlebih dalam pemilihan kepala daerah banyak orang memilih bukan karena alasan partai tetapi karena ketokohan calon.

Disisi lain jika indikator yang kita gunakan adalah dukungan tokoh, maka faktor Prabowo yang berada di kubu IP-NA layak untuk diperhitungkan. Prabowo mampu mengantongi 1.797.505 suara (76,9 %) Sumatera Barat pada Pilpres 2014 mengalahkan Jokowi yang hanya 539.308 suara (23,1 %). Itu kemenangan ‘mutlak’, jika dukungan tersebut dapat dikumpulkan lagi melalui ‘magnet’ Prabowo dan didorong dengan kerja keras kader-kader PKS-Gerindra yang terkenal solid dan militan, maka IP-NA berpeluang besar juga untuk menang mutlak dengan angka 77%. Angka tersebut sama dengan polling yang diadakan salah satu media online di Sumatera Barat (akses senin 7/12 pukul 08.00).

Tapi persentase 77% IP-NA tersebut akan sangat berpotensi berkurang karena adanya beberapa kecurangan dalam Pilgub seperti tersebarnya fitnah, maraknya money politic, bagi-bagi beras dengan dalih zakat atau kemungkinan kecurangan selama proses pemilihan dan penghitungan. Kecurangan akan membuat menang mutlak 77% sulit dicapai sehingga hasil Pemilihan Gubernur Sumatera Barat 2015 diprediksi berakhir pada angka 40:60. Meskipun begitu IP-NA tetap menang karena mengantongin 60% suara pemilih dan akan menjadi pemimpin Sumbar 5 tahun ke depan. Sedangkan MK-FB harus rela dengan perolehan 40% suara. Kalaupun persentase suara ini bergeser, tidak akan terlalu jauh dari angka-angka tersebut.

Tapi ini semua hanya sebatas prediksi dan tentu juga menjadi do’a bagi sebagian orang. Tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi selain hanya Allah saja. Namun, apapun hasilnya semoga Pilgub tahun ini dapat berjalan lancar dan damai tanpa kerusuhan apapun.

Pilgub Sumbar 2015

Pilgub Sumbar 2015

Sekedar Himbauan
Pemilihan sudah sangat dekat, jangan salah memiih apalagi memilih yang jelas-jelas salah. Sesungguhnya keterlibatan kita 5 menit di dalam bilik suara berpengaruh bagi pembangunan daerah 5 tahun ke depan. Turut serta memilih dalam Pilkada sejatinya adalah bentuk kecerdasan. Bila semua calon yang akan dipilih adalah orang yang baik, maka pilihlah yang terbaik diantara mereka. Bila ada yang baik dan yang buruk, maka pilihlah yang baik. Bila ternyata semuanya buruk (semoga tidak ada) maka pilihlah yang minimal keburukannya dan kemudian bantulah dia bersama-sama mengurangi keburukannya. Jangan golput, karena itu justru akan mempermudah orang-orang terburuk menjadi pemimpin.

sumber image

UPDATE HASIL QUICK COUNT PILGUB SUMBAR
MK-FB : 39,59 %
IP-NA : 60,41 %

13 responses to “Hasil Pilgub Sumbar 2015

  1. Mamak rumah bilo hobi manggadai jo manjua alamat ka miskin iduiknya. Fakta berbicara sarupo itu.
    Makonyo jaan piliah urang nan suko manggadai jo manjua, hahaha…

    • Setuju, karena mereka yang golput sebenarnya lagi kecewa dengan sistem pemerintahan Indonesia, tapi kalo golput maka yang ada malah memperburuk keadaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s