Harus Disiplin Lagi

fingerprint_

Harapannya dengan telah adanya mesin absensi maka tidak ada lagi pegawai yang datang terlambat dan pulang cepat. Kalau masih ada yang berani datang terlambat maka bersiap saja untuk pemotongan “tunjangan daerah”. Strategi pemasangan mesin absensi dan ancaman pemotongan denda ini cukup berhasil. Setelah beberapa hari terpasang hampir 99% pegawai datang sebelum pukul 7.30 dan pulang tepat setelah pukul 16.00.

Dulu banyak yang datang setelah pukul 08.00 dan pulang pukul 15.00 atau bahkan lebih cepat dari itu. Beberapa diantaranya yang berstatus “preman” bahkan tidak datang sama sekali namun tidak mendapat sanksi. Teguran dari atasan juga tidak ada karena terkadang atasannya juga demikian. Namun sekarang sudah berbeda.

Semoga saja orang-orang yang tidak mau terikat dengan aturan, tidak berusaha untuk merusak mesin tersebut sebagaimana yang terjadi pada tahun sebelumnya. Jika mesin tersebut dirusak lagi maka terpaksa kembali lagi menggunakan absensi manual. Dan seperti biasa, jika itu terjadi jangan berharap bisa melihat wajah seluruh pegawai pada pukul 07.30. Karena sungguh banyak diantara kita yang disiplin karena ancaman bukan karena kesadaran.

>> image

10 responses to “Harus Disiplin Lagi

  1. Dikantorku juga pakai fingerprint tapi kalau telat akan direkap per bulannya dan ada sangsi dari masing2 divisi, terhantung bosnya sih, kl bos aku kasih sangsi yang telat terus selama 3 bulan disuruh bawa makanan hahahaa

  2. Kalo ditempat saya kerja dulu (swasta) terlambat lewat dari jam sembilan pagi nanti bagian payroll akan hitung masuk cuma setengah hari.
    Harusnya memang harus pakai fingerprint ini supaya dapat merubah mental pns. Pengen enak kok malah gak mau susah, payahkan.

    • agak berat merubahnya. karena seperti sudah jadi budaya. maunya enak dan tidak susah. nanti terima pensiun.
      hanya sebagian kecil yang benar-benar disiplin dan produktif. sisanya, entahlah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s