Melawan Om Nanang Hernanto

logo1

Ada satu tulisan di blog ini yang membuat saya terlihat sebagai salah satu dari anggota Mafia Ujian Nasional yang menjual bocoran soal UN lengkap dengan kunci jawabannya. Memberikannya kepada siswa-siswa pemalas yang takut tak lulus ujian, yang rela membayar berapapun untuk secarik kertas berisi A-B-C-D-E.

Awalnya tulisan itu hanya karena keisengan semata dan isinya tidaklah seseram judul yang tertera; Bocoran Soal dan Kunci Jawaban UN 2014. Pada tulisan tersebut memang terdapat lampiran tetapi isinya bukanlah kunci jawaban sebagaimana yang diinginkan para pencari jalan pintas. Isinya tak lain hanyalah beberapa tips bagi para siswa agar bisa melewati ujian nasional dengan sukses, lancar dan sejahtera 😀 Sayangnya tidak semua memperdulikan hal itu sehingga sebagian dari yang membaca tetap ngotot meminta kunci jawaban.

Tulisan yang kurang sesuai judul dan isinya ini menjadi tulisan yang paling banyak dibaca selama tahun 2014 dan pencarian dengan keyword ‘kunci jawaban un 2014’ juga menjadi pencarian teratas dalam sejarah blog ini.

pos teratas

Pos Teratas Tahun 2014

ringkasan setahun

Pencarian Teratas Tahun 2014

ringkasan sepanjang masa

Pencarian Teratas Sepanjang Masa 🙂

Dan sampai sekarang tulisan itu tetap menjadi top post dan saya pun kemudian sering dihubungi orang-orang tertentu yang menginginkan bocoran soal dan kunci jawaban itu baik melaui kolom komentar blog, facebook atau pesan di email. Saya hanya tertawa saja menerima itu semua sebab yang saya punyai hanya tips untuk sukses ujian bukan kunci jawaban.

Dan kalaulah saya benar-benar mempunyai bocoran soal dan kunci jawaban maka saya tidak akan pernah membocorkan itu pada siapapun. Bagaimana mungkin saya akan menolong mereka untuk menyontek, berbohong pada diri sendiri dengan melakukan kecurangan. Bukankah itu nanti menjadi bibit korupsi yang dipupuk sejak kecil. Kalau saya nekad membocorkannya maka saya telah melawan  Om Nanang Hernanto karena hal itu bertentangan dengan slogannya; tidak nyontek, tidak bohong, tidak jorok. 😀

The Ordinary Trainer

The Ordinary Trainer

Postingan ini diikut sertakan dalam lomba tengok-tengok blog sendiri berhadiah, yang diselenggarakan oleh blog The Ordinary Trainer

——-
Jumlah kata: 325

Iklan

21 responses to “Melawan Om Nanang Hernanto

      • Iya teteh pernah dengar cerita sampe puluhan juta gitu yaa…
        Ngga tau siapa yg hrs disalahkan… Semoga saja sistem pendidikan di Indonesia semakin baik. Kasian kalau dibebani terlalu berat anak sekolah itu.

  1. Faktanya, pencarian kunci jawaban tetap saja bergentayangan di Internet. Apapun dilakukannya agar bisa lulus, yang penting lulus. Ilmunya nanti bisa dipelajari setelah lulus, lhaaa
    Selamat berkompetisi di tempatnya om trainer ya

  2. memang tidak sedikit orang membaca pintas, sehingga terjebak pada judul. maksud penulis sebagai daya tarik tapi yang membaca karena tidak tuntas maka arti yang sebaliknya bisa terjadi, sukses selalu bang talu

  3. Saya datang dan sudah membaca “Self Reflection” di blog ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut lomba saya ya
    Semoga sukses

    Salam saya
    #27

  4. Hadduh indonesial … Si pencari jawaban koq percaya begitu aja sih, iya klo bener, klo nggak apa nggak tambah mejerumuskan….
    Bener Bener pintu pembuka bibit korupsi masa depan

      • Iya… Teman kerjaku jg gtu, dia bilang papanya suka bilang ‘kamu harus dapat nilai terbaik, nggak mau tahu caramu kayak apa’.
        Akhirnya si Teman tuh ya gtu suka ngerpek hehehe…

  5. Ping-balik: Hadiah “A Self Reflection” | RANGTALU·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s