Bertahan Saat Sendiri

Weekly Photo Challenge: Endurance

tower

endurance

Wajar jika saat berkumpul dengan orang-orang sholeh kita pun ikut menjadi sholeh. Kita menjadi kokoh dan kuat bersama mereka, amal yaumi terjaga, akhlak terpelihara dan kesalahan terluruskan. Namun saat terpisah, ketika kita hanya sendirian akan kah semua itu tetap mampu bertahan?

Kita banyak diuji di titik paling lemah saat sendirian, saat dimana tidak ada yang melihat dan mengetahui. Hanya orang-orang yang memiliki muraqabatullah lah yang mampu menjaga diri dari kemaksiatan yang godaannya muncul ketika sendirian. Muraqabatullah adalah bukti sempurnanya ketaatan seorang hamba kepada Allah karena ia selalu merasa dalam pengawasan Allah kapanpun dan dimanapun.

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Muraqabatullah dalam lintasan-lintasan pikiran (batin) akan memberi dampak pada perilaku lahiriah. Siapa saja yang senantiasa merasa diawasi oleh Allah dalam kondisi rahasianya, Allah akan menjaga perbuatannya, baik kala ia sendiri atau tidak”

——

dan ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu; Maka takutlah kepada-Nya,” (QS. Al Baqarah [2]: 235)

dan Allah mengetahui apa yang (tersimpan) dalam hatimu. dan adalah Allah Maha mengetahui lagi Maha Penyantun.” (QS. Al Ahzab [33]: 51)

dan adalah Allah Maha mengawasi segala sesuatu.” (QS. Al Ahzab [33]: 52)

jika kamu melahirkan sesuatu atau menyembunyikannya, Maka Sesungguhnya Allah adalah Maha mengetahui segala sesuatu. (QS. Al Ahzab [33]: 54)

Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan yang kamu nyatakan. dan Allah Maha mengetahui segala isi hati.” (QS. Ath Thaghabun [64]: 4)

Iklan

31 responses to “Bertahan Saat Sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s