Tradisi Menyambut Ramadhan

Ramadhan

Tidak lama lagi, dalam hitungan hari kita akan sampai di Ramadhan, bulan penuh hikmah dan sejuta peluang pahala. Itulah bulan mulia yang sangat dirindukan oleh setiap insan beriman. Sebagian menyambutnya dengan melatih dan mempersiapkan diri, sedangkan sebagian yang lain menyambutnya dengan berbagai tradisi. Beberapa dari tradisi itu pada dasarnya adalah perbuatan baik, namun ada orang yang menempatkannya sebagai sebuah keharusan yang tidak boleh ditinggalkan, kalau sudah demikian tentu akan jatuh pada perkara mengada-ngadakan sesuatu yang baru dalam beribadah.

Beberapa tradisi yang dilakukan masyarakat (khususnya di sumatera barat) menjelang Ramadhan adalah:

1.Ziarah kubur
Beramai-ramai ke kubur, bawa air mawar dan bunga-bunga, berdo’a lalu pulang. Padahal tidak ada satupun perintah yang menyuruh untuk berziarah menjelang ramadhan. Ziarahnya tidak salah, yang salah adalah mengkhususkannya pada hari-hari sebelum ramadhan.

2.Saling meminta maaf
Banyak permintaan maaf yang datang via sms, fb, whatsapp dan media lainnya. Saya yakin si pengirim tulus atas pesan maaf yang ia sampaikan walau kadang mereka tidak ada salah. Sebenarnya meminta maaf tidak harus menjelang ramadhan, kapanpun setiap kali ada kesalahan haruslah meminta maaf. Adapun hadist yang sering digunakan sebagai landasan untuk meminta maaf menjelang ramadhan adalah keliru.

3.Balimau
Tempat-tempat pemandian umum menjadi penuh, kolam renang, mifan, water park, water boom, sungai-sungai, pantai, semua dipadati pengunjung yang ingin “mensucikan” diri dengan mandi-mandi disana. Bermain air berpasang-pasangan, aurat yang menyembul disana sini jauh dari kesan pensucian.

Janganlah terjebak pada tradisi, perkara yang banyak dilakukan orang belum tentu benar. Bijaklah menilai.

Diluar itu semua ada satu hal yang sangat menarik. Berjalanlah disudut-sudut rumah, dijamin perut akan langsung tergoda mencium aroma rendang atau kalio daging. Karena disini memasak daging adalah sebuah cara paling menggoda untuk menyambut ramadhan. Mungkin inilah cara memberitahu perut bahwa esok akan puasa maka makanlah dengan puas dan nikmat dihari ini.:mrgreen:

——————————-
Mari persiapkan diri menyambut Ramadhan, jauhkan diri dari kemaksiatan. Bagi pendukung pasangan calon presiden yang akan bertarung 9 Juli nanti bersabar-sabarlah, jangan saling fitnah apalagi bertengkar. Bersainglah dengan sportif, jangan curang dan berbohong saat kampanye.
Oh iya sekedar info, saya mendukung Prabowo-Hatta. Pemimpin sesungguhnya.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s