Naik Trans Padang Gratis

2

Bus Trans Padang akhirnya resmi beroperasi hari ini. Si Biru Keren sudah lalu lalang melintasi jalanan Kota Padang. Dan lebih kerennya selama 3 minggu kedepan, masyakarat Kota Padang dapat menaiki bus ini dengan gratis. Tiket gratis ini diberikan oleh Walikota Padang dalam rangka menyukseskan dan mensosialisasikan bus Trans Padang ke seluruh masyarakat.

Setelah diberlakukannya sistem gratis selama tiga minggu, penumpang akan dikenai biaya melalui sistem tiket. Adapun besaran biayanya yakni Rp. 3500 untuk umum, dan Rp. 1500 untuk pelajar. Inilah kekerenan berikutnya, ada perbedaan harga tiket untuk umum dan pelajar, setahu saya ini sangat berbeda dengan bus Trans Jakarta dan Trans Jogja yang mematok harga sama untuk seluruh penumpang bus.

Untuk tahap pertama Trans Padang akan beroperasi pada jalur koridor I, dengan rute: Imam Bonjol-Bgd.Azischan-Sudirman-Rasuna Said-Khatib Sulaiman-Dr.Hamka-Adinegoro.

Pembangun koridor lain akan segera menyusul. Nantinya akan ada 6 koridor bus Trans Padang yang akan membelah Kota Padang. Perencanaa koridor tersebut terdiri dari :
» Koridor I sepanjang 18 KM melintasi Pasar Raya- Lubukbuaya
» Koridor II 17 KM melintasi Pasar Raya- Indarung
» Koridor III 17 KM melintasi Telukbayur-Aiapacah
» Koridor IV 20 KM melintasi Pasar Raya-Telukbayur
» Koridor V dan VI akan dikembangkan menuju timur kota Padang, terkait dengan pemindahan pusat pemerintahan ke Aie Pacah, Kota Padang.

Ada banyak pengusaha angkot dan bus kota yang keberatan dengan adanya Trans Padang, terutama yang melewati rute sama dengan bus Trans Padang. Takut sepi penumpang dan pendapatan berkurang, seakan Trans Padang adalah ancaman. Semestinya Trans Padang tak perlu dianggap sebagai ancaman, tapi jadikanlah sebagai motivasi untuk berbenah, menyediakan layanan transportasi yang lebih baik. Saya yakin masyarakat butuh moda transportasi yang bersih, nyaman, aman, boleh sih pakai musik tapi tidak berisik dan tentu saja tidak ngebut-ngebutan di jalan raya, melaju seolah sedang berada di lintasan sirkuit balap.

Dulu saat Bluebird pertama masuk ke Padang, hampir semua pengusaha taksi lokal menolak keberadaannya, menganggap sebagai sebuah ancaman terhadap taksi-taksi yang telah lebih dulu ada di Padang. Tapi seiring waktu, sebagian pengusaha taksi ada yang tetap memandangnya sebagai ancaman, tetapi sebagian yang lain mulai menjadikan momen itu sebagai ajang untuk berbenah. Yang memandang sebagai ancaman akhirnya makin terpuruk, sibuk menyalahkan orang lain tanpa mau introspeksi. Sedangkan yang memandang sebagai ajang berbenah akhirnya menjadi lebih baik. Dan lihatlah bagaimana kemudian perusahaan Kosti Padang berbenah, mereka menampilkan armada taksi terbarunya yang berwarna hitam, Volvo Emgrand7. Tak kalah dengan Limo nya Bluebird.

Dan kadang memang kita butuh sedikit ancaman untuk bisa berbenah dan memperbaiki diri.

——
sumber image DISINI

11 responses to “Naik Trans Padang Gratis

  1. mantapp … sudah ada kemajuan transportasi kota padang .. cuman yg perlu sekali di benahi .. tatakota nya .. yg sudah amburadol bgt … jalan” yg banyak di jadikan tempat jualan … ,,. cobalah kemalikan pada fungsinya semula …. ingat kota padang tahun 90an … rapi , indah dan nyaman ..
    bila memang tidak ada t4 pedagang” KQ5 .. cobalah untuk membangun t4 mereka ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s