Jenggot Mahyeldi dan Kumis Desri

Tadi siang saya dan beberapa teman kantor sedang melakukan perjalanan dinas ke Kabupaten Pasaman Barat, dalam perjalanan kami mampir dulu sejenak di salah satu warung sate di Kota Pariaman. Ada banyak orang di dalam sedang berdiskusi hangat,ota lapau istilahnya. Mengetahui kami dari Padang, salah seorang langsung berkomentar “pilkada Padang duo putaran yo?, kalau ‘jangguik’ nan manang, maka seluruh pejabat akan nyo ganti dengan orang-orang ‘bajangguik’ pulo, ancak piliah deje lai“. (Pilkada Padang dua putaran ya?, kalau jenggot yang menang maka seluruh pejabat akan diganti dengan orang-orang berjenggot, lebih baik pilih deje). Istilah jangguik (jenggot) itu merujuk kepada Mahyeldi dan orang-orang PKS yang sebagian besar memang memakai jenggot. Sedangkan deje adalah singkatan dari Desri Ayunda dan Jemes Hellyward.

Saya cukup kaget dengan komentar pengunjung warung. Pertama, komentar itu tidak berdasarkan fakta yang kuat, karena di Provinsi Sumatera Barat sendiri yang gubernurnya berasal dari PKS yang disebutnya sebagai kelompok orang berjenggot, tidak serta-merta mengganti seluruh pejabat esselon dengan orang-orang PKS. Hal yang sama juga bisa kita lihat di Sumut dan Jabar. Kedua, karena locus komentar ini adalah di Kota Pariaman, ada puluhan kilometer jarak yang memisahkannya dari Kota Padang. Ini menandakan bahwa Pilkada Kota Padang memang panas, hangatnya sampai ke kabupaten/kota lain, anginnya berhembus kemana-mana dengan membawa bau busuk isu-isu yang tidak benar.

Dan perkara jenggot Mahyeldi memang menjadi isu yang seksi dalam Pilkada Padang. Menjelang putaran pertama menyebar isu bahwa Mahyeldi sudah sangat tua, lihatlah jenggotnya yang memutih dengan uban, tidak layak lagi memimpin Kota Padang. Saya tidak tahu pasti pasangan calon mana yang memainkan isu ini. Tapi sepertinya orang-orang yang tidak menyenangi Mahyeldi akan memutar lagi isu ini menjelang Pilkada putaran kedua.

13835812671338015120
Jika kita melihat poster Mahyeldi tanpa data maka kita juga akan tertipu dan mengatakan bahwa ia sudah tua. Tetapi mari kita lihat dengan data, saya sudah cari di google dan mencoba membandingkan data Mahyeldi yang terlihat tua dengan data Desri Ayunda yang terlihat gagah dan muda. Alangkah terkejutnya saya ketika mengetahui bahwa Mahyeldi ternyata lebih muda 5 tahun dibanding Desri Ayunda. Mahyeldi lahir tanggal 25 Desember 1966 (47 Tahun) sedangkan Desri Ayunda lahir 24 Oktober 1961 (52 Tahun). Jenggot putih Mahyeldi sama sekali tidak menandakan ia tua, Kumis hitam Desri juga tidak menandakan ia muda.

Selain perkara jenggot dan kumis, pertarungan Mahyeldi dan Desri Ayunda dalam Pilkada putaran kedua akan sangat menarik. Ini adalah pertarungan dua kutub yang berbeda, antara Mahyeldi yang muda dengan Desri yang tua, antara Mahyeldi yang berpengalaman dalam pemerintahan dengan Desri yang pendatang baru dalam panggung politik, antara Mahyeldi yang lahir melalui partai politik dengan Desri yang maju melalui jalur independen.

Siapapun pemenangnya nanti, kita berharap akan memberikan yang terbaik untuk Kota Padang.
——
Sekian dulu,
#sambil mengelus jenggot yang hanya sepuluh helai dan jejeran kumis yang tipis😀

12 responses to “Jenggot Mahyeldi dan Kumis Desri

    • ha, kini walikota lamo tu kamaju manjadi gubernur pulo🙂
      kalau walikota nan baru, lah nyo buekkan terminal angkot.
      eh angkotnyo pulo kini yang nio terminal😀

      • Mudah-mudahan inyo ndak tapiliah jadi gubernur. Beko main jua se haha… Lieklah pasa balakang kantua walikota lamo kacau.
        Ambo taragak walikota nan mamarintah sarupo Syahrul Ujud.
        Ambo kini sadang karajo di Ambon, baanyo dirintis bisnis batu bacan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s