100,48% Ala DeJe

Pilkada Kota Padang telah usai dan akan menemukan pemenangnya pada tanggal 5 November 2013 melalui pengumuman resmi KPU. Tapi ‘perang’ masih berlanjut, masing-masing tim sukses pasangan calon walikota dan wakil walikota terus melakukan ‘perang’ klaim. Tim Desri Ayunda-James Helyward (Deje) dari jalur independen, merilis data bahwa mereka menduduki posisi kedua dengan jumlah suara sebesar 25,54%, suara mereka sedikit dibawah pasangan Mahyeldi-Emzalmi (ME) yang mendapatkan suara sebesar 27,29%. Dengan angka ini mereka yakin Pilkada akan berlanjut keputaran dua. Sedangkan Tim Mahyeldi-Emzalmi yang diusung PKS-PPP meyakini bahwa Pilkada hanya akan berlangsung satu putaran saja karena berdasarkan data yang mereka miliki perolehan suara yang mereka dapatkan adalah sebesar 30,09%.

Perang klaim ini berlanjut berbagai media, dua versi hasil penghitungan suara dari masing-masing pasangan calon ini lalu-lalang di media sosial sampai akhirnya muncul di media cetak. Tapi sangat disayangkan data persentase perolehan suara yang dimiliki tim Deje lalu dimuat dalam Harian Singgalang (1/11/2013) dan surat kabar lokal lainnya sungguh tidak valid. Ketika angka-angka yang diambil dari data tim Deje itu dijumlahkan totalnya menjadi 100,48%. Nah lho? kenapa bisa berlebih dari 100%. Padahal pasangan ini terdiri dari seorang profesor, kenapa ia sampai tidak tahu? atau kenapa ia terkecoh dengan ulah pendukungnya yang memberikan data palsu? yang bekerja dengan filosofi Agar Bapak Senang (ABS).
PILKADA PADANG.

Saya menunggu-nunggu kalau-kalau ada penjelasan susulan dari Tim Deje di media tentang kesalahan data yang mereka sampaikan. Tapi sampai hari ini sepertinya belum ada klarifikasi tentang itu. Tidak elok rasanya mengelabui masyarakat dengan data palsu. Jangan-jangan ini juga dipengaruhi oleh “1000%-nya SBY” sehingga semua pada ngikut membuat persentase diatas 100%.

Ah entahlah, mungkin saya harus meningkatkan lagi kesabaran menjadi 3000% :mrgreen:

Iklan

11 responses to “100,48% Ala DeJe

  1. Ping-balik: Hasil Pilkada Kota Padang Putaran II | RANGTALU·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s