Antara Kening dan Tempat Sujud

di pelabuhan bungus

Luas membentang hingga batas cakrawala, tempat tersimpan sejuta misteri serangkaian hal tak terduga didalam rahimnya. Kadang tenang seperti saat dulu kita duduk dibawah pohon rindang dalam hamparan hijau padang rumput, sambil menatap awan putih yang berarak pelan menuju utara. Dan kadang ia menghempas dari ujung ke ujung dalam balutan pekat, berkawan gemuruh angin yang membuat kapal bergoyang kuat. Memberi ketakutan dan kecemasan hingga kita seperti anak kecil dengan layangan putus saat senja yang mendung.

Dalam kapal yang berlayar di laut penuh gelombang, sungguh butuh usaha lebih untuk bisa shalat dengan sempurna, harus kuat mempertahankan posisi agar tidak jatuh saat berdiri karena posisi kapal yang tidak stabil. Raka’at demi raka’at, takbir, berdiri, rukuk, i’tidal, satu persatu dilalui dengan tingkat ketenangan yang rendah, hingga tiba saatnya untuk sujud. Ingin sekali berlama-lama dalam posisi ini, karena  inilah gerakan sholat yang paling nyaman melakukannya dalam kondisi laut bergelombang kuat. Saat sujud semua terasa nyaman, tenang, rileks, tubuh terasa tanpa beban. Inilah saat dimana kita begitu dekat dengan Allah.

Dan jika hidup adalah laut dengan gelombang permasalahannya yang datang susul menyusul, maka tidak ada cara yang membuat kita lebih kuat dan tenang melewatinya, selain dengan mendekatkan diri pada Allah, mengadu dalam sholat dan tunduk dalam sujud. Karena sungguh jarak antara seluruh permasalahan dalam hidup kita dengan jalan keluar, hanyalah sejauh jarak antara kening dengan tempat sujud.

—————
mari sholat.. jangan lupa berdo’a untuk gaza

37 responses to “Antara Kening dan Tempat Sujud

  1. Karena sungguh jarak antara seluruh permasalahan dalam hidup kita dengan jalan keluar, hanyalah sejauh jarak antara kening dengan tempat sujud.

    berarti sama ya mas antara kening hitam dan banyak masalah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s