Save The Rohingya

cerita ramadhan #11 save the rohingya

HAM adalah omong kosong penuh kebohongan, tidak ada HAM saat muslim di bosnia, palestina, afganistan dan muslim rohingya dibantai. Tidak ada HAM bagi muslimah yang dilarang memakai jilbab dibelahan sana, tidak ada HAM ketika yang menjadi objek adalah muslim.
HAM adalah cerita tentang terbunuhnya satu tentara israel oleh pejuang Palestina, HAM adalah cerita ketika Joker, bersenjatakan senapan serbu AR-15, 20-gauge shotgun Remington, dan 40 kaliber Glock, dengan brutal menembaki penonton saat menyaksikan pemutaran film Batman `The Dark Knight Rises’ di Colorado, Amerika Serikat, yang mengakibatkan 12 tewas dan 72 orang luka-luka.

Berita tentang penembakan itu menjadi headline banyak surat kabar dan media. Berbagai acara terkait dengan seremonial promo film itu dibatalkan, bahkan sang bintang Christian Bale, menyempatkan diri untuk meletakkan sebuket bunga di lokasi penembakan dan juga mengunjungi langsung para korban yang tengah dirawat sebagai bentuk simpati. Karena insiden penembakan brutal ini, Presiden Barack Obama sempat membatalkan acara kampanyenya dan memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di seluruh daratan Amerika.

Mengapa peristiwa pembantaian oleh `Joker’ menjadi berita dunia yang menarik perhatian, sementara pembantaian di Myanmar tersembunyi dari berita utama, sebagaimana pembantaian di Palestina, Timur Tengah, Afrika, dan negara lain.

Apakah jika yang membunuh adalah satu orang seperti ketika seorang mahasiswa kebangsaan Korea Selatan, Seung-Hui Cho, mem- bantai 30 siswa di ruang kuliah setelah sebelumnya membunuh dua orang di asrama pada April 2007, lalu bunuh diri, atau sewaktu seorang Anders Behring Breivik menembaki para remaja yang tengah mengikuti perkemahan musim panas di pulau wisata Utoeya, Norwegia, yang menewaskan 69 orang, lebih layak menjadi perhatian daripada satu pemerintahan atau institusi tentara yang melakukannya meskipun korban yang ditimbulkan jauh lebih banyak?

Atau, apakah jika yang tewas mereka yang berada di Amerika atau di Benua Eropa, maka lalu lebih pantas mendapat tempat di media daripada mereka yang berada di Asia atau Afrika?
Apakah pembantaian yang muncul secara random dan sesekali terjadi lebih layak mendapat perhatian daripada pembantaian yang dilakukan secara sistematis dan berjalan secara rutin?

———————————————-
salurkan donasi ke lembaga kemanusian terdekat
PKPU, Rumah Zakat Indonesia, Dompet Dhuafa

Iklan

8 responses to “Save The Rohingya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s