Momentum Bersejarah

ini adalah cerita tentang momentum bersejarah. Perintah puasa ramadhan yang tertulis dalam surat albaqarah:183 turun di Medinah beberapa hari sebelum peristiwa Perang Badr berkecamuk di tahun ke-2 Hijriyah. Ummat yang hari itu baru mulai melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan berniat mencegat kafilah dagang Quraisy, tetapi ternyata mereka dihadapkan pada sebuah peperangan besar, Badr berkecamuk, dan sejarah mencatat kemenangan ada dipihak muslimin. Mereka menorehkan kemenangan bersejarah saat berpuasa Ramadhan.

Hal ini sungguh menarik, apabila kita baca lagi lembar-lembar sejarah berikutnya, ada fathu makkah 21 Ramadhan 8 H, penaklukan Andalusia oleh Thariq Bin Ziyad 28 Ramadhan 92 H, kekalahan tentara mongol di ain jalut 15 Ramadhan 658 H, kemenangan Salahuddin Al Ayyubi Ramadhan 583 H, dan proklamasi kemerdekaan RI juga berlangsung di bulan Ramadhan. Dan dari tumpukan sejarah itu kita belajar bahwa ramadhan penuh dengan momentum besar dan bersejarah. Ramadhan penuh dengan kerja dan karya-karya besar, bukan masa-masa untuk bersantai.

Ini ramadhan yang kesekian kalinya, Ramadhan tahun ini harus menjadi momentum bersejarah dalam hidup ini. Jangan memandang dengan sudut pandang anak kecil yang menganggap bulan ini hanya sekedar nikmatnya makanan enak yang berlimpah ketika berbuka dan tidur yang panjang, atau sudut pandang pekerja malas yang menganggap bulan ini bisa sedikit santai karena jam kerja yang dikurangi.

Mari membuat sejarah pada momentum bersejarah, kerja dan karya yang produktif
Bagi kita tidak terlalu perlu untuk dikenang manusia di bumi, asal ditulis dalam catatan langit.

Iklan

11 responses to “Momentum Bersejarah

  1. “Bagi kita tidak terlalu perlu untuk dikenang manusia di bumi, asal ditulis dalam catatan langit.” wah, suka kalimat ini.
    :silaturahim ramadhan: Uda, maaf lahir batin ya atas semua salah2 sy selama kita pernah kenal. mohon doanya juga, insya Allah ramadhan ini ada momen bersejarah bagi kami πŸ™‚ syukron

  2. Doain ye semoga salah satu momentum bersejarah di Ramadhan kali ini adalah menikahnya saya.. hehehe. #Kan kita gak tahu kapan takdir nikah itu bakalan dateng, seperti mati (adaptasi tulisan ente: Kapan Nikah?) ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s