Puasa Tasu’a dan ‘Asyura

Banyak pertanyaan diajukan seputar kapan tepatnya puasa Tasu’a dan ‘Asyura’ (tgl. 9 dan 10 Muharram 1433)? Maka berikut ini info dan bayan sekilas tentang masalah ini.

Memang dalam hal ini terdapat perbedaan persis seperti dalam penetapan idul fitri 1 Syawwal 1432 kemaren. Namun kali ini bukan antara rukyah dan hisab. Melainkan antar sesama madzhab hisab sendiri. Yakni antara madzhab hisab imkanurrukyah menurut jumhur/mayoritas ulama, dan madzhab hisab wujudul hilal yang dianut oleh sebagian masyarakat muslim Indonesia.

Menurut jumhur, puasa Tasu’a dan ‘Asyura tanggal 9 dan 10 Muharram 1433 insya-allah jatuh pada hari Senen dan Selasa tanggal 5 dan 6 Desember 2011 .
Karena pada saat matahari terbenam hari Jum’at tanggal 29 Dzulhijjah/25 November 2011 lalu, di wilayah Indonesia, memang hilal sudah wujud diatas ufuk/horizon, tapi ketinggiannya berada pada posisi yg sangat rendah sekali, yakni kurang dari 2 derajat, dimana semua sepakat pada posisi itu mustahil hilal bisa dilihat (istilahnya belum imkanurrukyah/belum memungkinkan untuk bisa dilihat). Maka atas dasar itu ditetapkanlah Sabtu-nya tgl. 26 November masih tgl. 30 Dzulhijjah 1432, dan 1 Muharram-nya bertepatan hari Ahad tgl. 27 November 2011.

Sedangkan menurut madzhab kedua, yang menetapkan awal bulan baru dengan mengacu pada prinsip wujudul hilal murni, karena yg penting bagi mereka hilal sudah wujud (ada) diatas ufuk saat itu, maka hari Sabtu 26 November itu sudah langsung ditetapkan sebagai tanggal 1 Muharram awal tahun baru 1433. Sehingga dengan demikian, menurut pendapat madzhab wujudul hilal ini, puasa Tasu’a dan ‘Asyura’ jatuh pada hari Ahad dan Senen tanggal 4 dan 5 Desember 2011.

Secara umum yang lebih rajih (kuat) adalah madzhab jumhur/mayoritas. Akan tetapi masalah seperti ini sebaiknya tetap disikapi dengan longgar dan toleransi. Seraya kita semua tentu saja wajib terus berharap agar kedepan perbedaan-perbedaan kurang produktif seperti ini bisa segera dicapai titik temu dan kata sepakatnya diantara para ulama, tokoh dan pemimpin ummat kita, seperti yang terjadi di negara-negara dan komunitas-komunitas muslim lain di luar negeri ini. Aamiin.

Iklan

6 responses to “Puasa Tasu’a dan ‘Asyura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s