Tips Ujian CPNS

Bulan ini sampai beberapa bulan kedepan akan menjadi bulan-bulan yang sangat menyibukkan bagi para sarjana dan para pencari kerja. Sibuk mencari info lowongan CPNS di internet, di kantor pos, di Dinas Tenaga Kerja dll..
Kata orang memasuki dunia kerja melalui serangkaian tes apakah tes CPNS atau tes di perusahaan swasta seperti masuk lobang jarum, sempit, sulit dan sedikit. Bahkan menyisakan segores pilu saat melihat tidak ada nama keramat kita di dalam daftar pengumuman yang lulus tes. Sebenarnya tidak, tes itu biasa saja, mungkin bisa disebut mudah, selama kita telah punya persiapan matang untuk itu

Bagi teman-teman yang mau mengikuti tes, berikut ini beberapa tips untuk menghadapi tes versi rangtalu:

Sebelum tes..

  1. Belajar yang rajin, kupas habis buku-buku yang membahas soal-soal, pelajari soal-soal tes tahun lalu. Biasanya pola soal masih cendrung sama, ga jauh jauh beda..
  2. Rajin-rajin baca koran juga deh, tinggalin tu komik dan novel.. karena banyak juga pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan umum bidang pemerintahan, agar nanti ga salah ketika ditanya siapa nama ketua KPK? Gayus atau Nazaruddin?
  3. Sekali-kali juga boleh nonton acara “rangking 1” atau acara kuis lain yang mengasah kecerdasan, banyak juga pertanyaan disana yang bisa jadi olahraga otak sebelum ujian.
  4. Teka Teki Silang juga bisa membantu, beberapa pertanyaan di dalam tes ada yang berkaitan dengan sinonim, antonim dsb, tapi hati-hati pilih TTS nya, banyak covernya yang ga benar, kalau dapat yang cover nya foto aneh-aneh, dibuang saja.. kita kan ga butuh cover nya.
  5. Tingkatkan amal ibadah, makin dekat dengan Allah, makin lapang setiap urusan.. apasih yang ga mungkin jika Allah sudah berkenan.. Tapi ingat ibadah bukan karena akan mengikuti tes saja.
  6. Jangan bermaksiat, karena salah satu resiko bagi orang yang sibuk bermaksiat adalah kesempitan hidup dan tertutupnya pintu rezeki.
  7. Berdo’a, berdoa agar Allah memudahkan semuanya, minta juga orangtua untuk mendo’akan kita, karena doa Ibu itu ampuh.. jauh lebih ampuh daripada Baygon Vape jumpo.. dan lebih murah mendapatkanya daripada Hit,he

Saat Hari pelaksanaan tes..

  1. Jangan lupa shalat subuh lalu berdo’a, ingat jangan tidur lagi setelah shalat subuh.
  2. Mandi dulu, agar tidak gatal-gatal dan gerah saat tes. Gatal dan gerah akan mengurangi konsentrasi dan mengurangi durasi untuk mengerjakan soal, bagaimana tidak, beberapa menit dari waktu yang disediakan panitia harus terpakai untuk garuk-garuk..
  3. Sarapan pagi, agar tidak pusing saat tes dan tetap prima sampai soal terakhir terjawab.. minum sesendok madu pagi itu juga sangat bermanfaat.
  4. Berangkat lebih awal, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan, mungkin macet, ado demo atau sopir angkot pada mogok, SPBU tutup ga ada bensin, rute jalan ditutup dst.. Kalau berangkat lebih awal dan menemukan masalah di jalan, kita masih punya waktu untuk menyelesaikannya.
  5. Jika posisi duduk saat ujian tidak berdasarkan nomor ujian lebih baik memilih duduk dibarisan depan, agar yang ada di depan mata kita hanya ada soal ujian, lembar jawaban dan pengawas saja.. kalau duduk di barisan belakang agak menggangu konsentrasi karena ada banyak objek dan gerak-gerik di depan kita, apalagi kalau orang-orang yang duduk di barisan depan adalah personil boyband dan girlband yang lagu-lagu nya pada ga ada yang jelas satu pun..
  6. Siapkan pensil yang telah diraut minimal 2, kalau punya 10 yang telah diraut juga lebih baik.. karena kita tidak perlu raut meraut disaat menjawab soal tes, ketika satu pensil sudah buntu, tinggal ganti pensil yang lain.. durasi waktu yang tadi seharusnya untuk meraut bisa dipakai untuk mengerjakan soal yang lain. Jika tidak ada 10 pensil bisa disiasati dengan meraut kedua ujung pensil, jika satu ujung buntu gunakan ujung yang lain.
  7. pensil yang diletakkan berjejer disisi meja sebenarnya juga strategi perang untuk menjatuhkan mental lawan, ketika yang lain melihat persiapan kita yang matang dengan sepuluh pensill, maka mental mereka menjadi ciut dan berkata “ga mungkin deh ngalahin tu anak” he.
  8. Mulakan dengan bismillah
  9. Selesaikan soal yang mudah terlebih dahulu, jangan terpaku pada satu soal sulit.
  10. Jangan terpancing jika ada yang telah mengumpulkan lembar jawaban sementara masih ada banyak waktu tersisa, focus saja dengan lembar jawaban kita, ia buru-buru mengumpulkan lembar jawaban mungkin karena ga tau harus ngisi apa atau lagi kebelet.
  11. Periksa lagi lembar jawaban sebelum dikumpul, jangan sampai salah tulis nama menjadi Ayu TingTing, bisa-bisa ia yang lulus dan anda yang mesti nanyi salah alamat di acara dangdutan.
  12. Periksan seluruh barang-barang sebelum meninggalakn ruangan, jangan sampai ada yang tertinggal, terutama 10 pensil tadi.

Selesai tes

  1. Tidak perlu kasak kusuk, biasa saja, toh kasak kusuk kita tidak akan merubah hasil apapun.
  2. Berdoa agar Allah berikan yang terbaik
  3. Jika lulus, maka Alhamdulillah
  4. Jika tidak lulus, maka Allahu Akbar. Allah Maha Besar, Ia lebih tahu apa yang terbaik untuk kita, jadi tenang saja, sabar, Allah tengah menyiapkan sesuatu yang lebih baik untuk kita. Dan kelak ketika saat itu datang kita akan mensyukuri saat-saat dimana kita tidak lulus ini.. InsyaAllah. Karena skenario Allah itu begitu indah kawan, begitu indah.

selamat mencoba.. semoga sukses..

8 responses to “Tips Ujian CPNS

  1. bila saya lulus dari sekolah kedinasan ini (STIS), insya ALLAH saya ga akan tes2 kerja lagi..
    tapi terima kasih ka, saya share ke temen saya ya infonya..

  2. ayu ting ting nangkap laba-laba
    tips penting boleh dicoba.
    sygnya thn ini di smd ga ada tes cpns…
    nice bro…i think you’re a great writer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s