Melompati Tahun

DSC_0073

Hafidzurrahman, ustadz yang memberikan ceramah tarawih pada malam ke 6 di mesjid Nurul Hasanah. Sekilas kalau dilihat dari jauh terlihat seperti Pak Hadison, mantan ketua DPRD Kota Padang. Ia bercerita tentang 6 hal yang menghapus pahala; menyibukkan diri dengan aib orang lain, keras hati, cinta dunia, sedikit rasa malu, panjang angan-angan dan tidak berkesudahan berbuat dzalim.

Saya belum pernah bertemu beliau sebelumnya. Ini kali pertama, dan saya yakin pertemuan dengannya adalah sesuatu yang telah diskenariokan Allah.

Ketika selesai shalat tarawih, saya segera menuju parkiran. Karena ada sms yang masuk, terpaksa duduk dulu di atas motor sambil mengetik balasan sms. Ternyata motor ustadz parkir tepat disebelah motor saya. Kami bertukar senyum. Melihat saya masih duduk di motor, ia pun bertanya. Sebuah pertanyaan yang melompati masa dan tahun.

lagi menunggu anak ya” ?, sambil menepuk pundak saya dan memandang anak-anak yang masih berkeliaran di dalam mesjid..

eh.. oh… aa.. mmhmm.. ustadz..oh ”, saya menjawab terbata, dan tidak jelas, karena ini sebuah pertanyaan yang asing bagi saya..

ooo, baiklah, saya duluan ya”, ia men starter motor dan segera berlalu, apakah ia bisa menangkap maksud dari jawaban saya yang sekedar “aa ee oo” tadi, entahlah..

Saya pandangi punggungnya sampai tikungan di ujung gerbang mesjid,. oh, ustadz.. memori saya belum pernah menyimpan redaksi jawaban untuk pertanyaan itu, pertanyaan yang melompati tahun, membuat ujung lidah kelu dan tidak berada tepat pada tempatnya ketika harus memjawab, tunggulah ramadhan beberapa tahun lagi.

saya akan tunggu lagi disini, dan akan saya berikan jawaban untuk pertanyaan yang sama.

Iklan

6 responses to “Melompati Tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s