Tips Mengisi Liburan

salam mahasiswa,
titip saran untuk generasi yang lahir di belakangku, adik-adik di kampus..

libur tiba lagi. ujian usai sudah, kini masanya kalian untuk rehat sejenak, mengumpulkan bekal guna menempuh rutinitas satu semester ke depan.

anak-anak TK biasanya menghabiskan liburannya ke rumah nenek, ke kebun binatang atau ke pantai. anak-anak SMP/SMA biasanya mengisinya dengan camping atau main PS. Nah, kita yang mahasiswa kemana? apakah ke kebun binantang atau ke rumah nenek?

liburan sejatinya bukanlah waktu dimana kita tidak beraktivitas sama sekali, bangun pagi ketika matahari telah tinggi, bermain-main, menembah bercak bantal, nonton sinetron, jalan-jalan, makan dan tidur lagi. Atau sibuk update status “lagi di kampung nih”, “kapan ya kuliah lagi, kangen ma teman-teman”..

ah, tentu sungguh banyak usia hidup kita yang terbuang sia-sia jika kita hanya sibuk dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. maka mari isi liburan ini dengan serangkaian agenda yang bermanfaat bagi diri kita dan juga lingkungan.

Ada beberapa hal produktif yang bisa kita lakukan selama liburan.

1. Meningkatkan Ibadah

Kalau selama kuliah tumpukan tugas menjadi alasan untuk terlambat shalat, jadwal kuliah menjadi alasan tidak shalat berjamaah, atau karena semalam begadang dijadikan alasan untuk melewati subuh. Maka selama liburan, alasan itu tidak lagi bisa digunakan. tentunya ibadah kita harus lebih baik. kalau biasanya jarang baca Alquran, sekarang mesti lebih rajin. Kalau sekarang belum pernah dhuha, selama liburan mesti sering.

2. Meningkatkan wawasan

Banyak ilmu yang belum kita pelajari, banyak hal yang tidak kita tahu. Maka selama liburan terbuka peluang bagi kita untuk meningkatkan wawasan kita dengan membaca buku. Bacalah buku-buku yang memperluas wawasan dan pengetahuan kita. Jangan hanya membaca novel dan komik saja. Ada beberapa buku yang direkomentasikan untuk liburan kali ini

Buku Rekomendasi untuk dibaca selama liburan
1. Sirah Nabawiyah : Sejarah hidup Rasulullah : Syaffiyurrahman al mubarakfury,
2. Saksikan Bahwa aku seorang muslim : salim a fillah
3. Zero to Hero : Sholikin abu izuddin
4. Komitmen Muslim Sejati / Apa Komitmen Saya terhadap Islam : Fathi Yakan
5. Buku-buku tentang islam dan da’wah
6. Buku-buku motivasi islami

3. Kegiatan sosial

Aktif di karang taruna, mengadakan kegiatan di tengah-tengah masyarakat, terlibat di kegiatan remaja mesjid atau memberikan motivasi kepada adik-adik SMA serta memperkenalkan tentang dunia kampus. Mengadakan wirid remaja.

4. Belajar keterampilan

Banyak keterampilan yang bisa kita pelajari secara maksimal selama liburan. Keterampilan yang bisa jadi sangat kita butuhkan disuatu hari nanti. Misal keterampilan bahasa inggris, arab, mandarin, jepang dan bahasa lainnya. Bagi yang belum lancar membaca alquran bisa menggunakan kesempatan liburan untuk intens belajar tahsin. Yang belum bisa berenang bisa menggunakan liburan untuk belajar berenang. Mengikuti latihan beladiri, belajar mengemudi, belajar me install computer, desain dan banyak keterampilan lain yang belum kita kuasai.

5. Berbisnis

Cobalah asah bakat dalam berwirausaha. Karena bagaimanapun juga kita tidak bisa terus menggantungkan diri pada orang tua. Jadi di waktu liburan isilah dengan mencoba untuk dagang kecil-kecilan.

Ada banyak bisnis kecil-kecilan lainnya yang bisa anda garap saat liburan. Jualan aksesoris, jualan ikan hias, jualan jagung bakar, jual celana jeans, dll. Silahkan coba dengan keahlian

6. Mengunjungi tempat-tempat baru

Bumi Allah ini sungguh luas, ada banyak tempat disekitar kita yang belum dikunjungi. Gunakan lah kesempatan liburan untuk mengunjungi daerah yang baru. Tafakur alam, menyaksikan kebesaran Allah lewat ciptaannya yang begitu indah. Sebagai usul, bagi yang belum pernah ke Talu, Pasaman Barat, maka di liburan kali ini bisa menjadikan itu sebagi daerah tujuan.

7. Mengembangan Potensi

Setiap kita punya bakat dan potensi yang jarang kita asah. liburan menjadi satu momen dimana kita bisa mengasah bakat kita. yang hobi menggambar bisa mengisi waktu liburannya dengan mengembangkan kemampuan untuk melukis. yang hobi menulis bisa menyelesaikan satu cerpen. dan hal-hal lain yang menjadi potensi kita : teater, mengarang, membuat sajak, memasak, berkebun dan sebagainya. Hal ini selain meningkatkan keterampilan juga akan menimbulkan perasaan senang di dalam jiwa.

mari produktif selama liburan

Iklan

8 responses to “Tips Mengisi Liburan

  1. ah… saya pun teringat masa-masa lalu.. rihlah bersama ikhwah.. 😦 sekarang mau ketemuan saja susah…

    salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s