Lagu Rang Talu

Oh tentu saja ini bukan lagu dangdut, tak pernah saya menaruh hati pada aliran musik yang satu itu, walaupun banyak orang yang tergila dengannya.
Ini lagu minang, sudah ada sejak zaman dahulu ketika gunung merapi sagadang talua itiak. ini berbeda dengan lagu-lagu minang yang muncul belakangan, yang sudah seperti lagu pop saja.. tiada bersyair indah, tiada lagi sarat makna.
Lagu ‘rang talu’ ini sungguh melankolis, campuran antara manis dan asam, campuran antara senyum dan tangis. nano-nano lah. multi tafsir mungkin juga. bagi yang pertama mendengar pasti berfikir ini lagu “merah jambu yang sedang dimakan ulat”, padahal tidak. ia pun tidak hanya berbicara tentang rasa rindu yang memuncak. ada banyak rasa yang berkecamuk mengiris pilu.. dan pulang sepertinya adalah obat.

Lagu “rang talu” ini adalah lagu wajibnya masyarakat Talu, Kabupaten Pasaman Barat. insyaAllah setiap orang disana hafal dengan lagu ini, minimal satu bait..
dan ada satu hal yang menarik dari “daya magis” lagu ini, tidak kalahlah dengan “daya magis” nya vuvuzela. Ketika masyarakat Talu atau urang Talu pergi jauh, merantau ke pijakan tanah lain.. dan mendengarkan lagu ini di daerah rantau, di tempat yang jauh dari Talu. maka seketika itu juga timbul rasa rindu di hati mereka, rasa ingin pulang ke Talu. fikiran mereka akan segera terbang kesana, melintasi jalan-jalannya, mendaki bukitnya, meniti pematang dan jembatan bambunya.. berbisik kepada angin “saya ingin pulang”. saya ingin pulang, mendulang energi disana untuk kembali di tanah kurusetra ini, mengayun pedang menumpah darah, tercabik-cabik pisau ilalang durjana.

——————

Bagi yang ingin mendengarkan, bolehlah.. klik saja tombol “play” di bawah.. tapi hati-hati jangan terlalu larut, syair nya sangat “bisa membuat hati menangis”..

Iklan

3 responses to “Lagu Rang Talu

  1. Mantab nakan,
    Catatan yang sangat pas dengan roh lagu Rang Talu. Memang tak banyak yg “peduli” sesungguhnya dengan eksistensi lagu Rang Talu, meski mereka sering melantunkannya. Tapi begitu bai terakhir berlalu dan musik berhenti, selesai, lewatlah sudah lagu Rang Talu. Padahal jikalau mau, banyak nilai-nilai yg di usung oleh lirik-lirik yang walau hanya membentuk pantun. Siapakah dianatara kita yg pernah bertanya, “siapakah pencipta lagu Rang Talu ?”.
    Tantangan buat nakan yg muda2 : andaikan ada yang mernintis kebelakang tentang sejarah Lagu Rang Talu, siapa penciptanya, bagaimana ia diciptakan, situasi apa ketika itu dst, dst. Mungkin generasi berikut akan lebih dapat memaknai dan menmghargai lagu Rang Talu, lebih dari sekedra sebuah lagu yg katanya “ma imabu-imbau pulang”.

    Info : Sedikit mengenai lagu Batang Sinuruik dapat dibaca disini : http://www.rangtalu.net/content/view/135/38/

    Sukses buat ‘nakan
    Mak Uncu

    • Yg menciptakan lagu rang talu ado 2 urang, kaduo nyo samo2 ba namo sofyan. Ka duo nyo asli urang kajai. sorang alah maningga, surang lai masih hidup dan kini nyo ba umua 85 tahun tingga di kampuang sawah kajai. Urang ko dulu memang urang seni musik acok manggung d kajai. alhamdulillah sofyan ( pencipta lagu “rang talu”) yg masih hiduik tu angku (kakek) wak sorang.
      Kalo sanak ndak picayo .buliah datang k kampuang sawah kajai , tanyo se rumah sofyan ( pian) pasti urang tau.
      Isya’allah jika beliau sehat , beliau akan menceritokan awal sampai akhir nyo trcipta lagu rang talu tu.
      Pengeluaran lagu rang talu tahun 2013 alah ado pencipta nyo di tulis di kaset tu sofyan..

      Maaf sanak. Awak cuman nio agiah tau sajo dek sanak tadi batanyo… ass…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s