Pengampunan Sembilan Dzulhijjah

kembang

Bismillâh. Zulhijjah telah berlalu beberapa hari. Bila sepuluh malam terbaik untuk melakukan ibadah terletak di akhir bulan Ramadan, maka sepuluh hari terbaik untuk melakukan ibadah adalah pada hari-hari ini, di masa awal Zulhijjah. Karena amal shalih di dalamnya lebih baik dibandingkan pada hari-hari lainnya.

Rasulullah Saw telah sampaikan belasan abad silam “Tiada hari-hari yang lebih baik dari pada sepuluh hari di awal bulan Zulhijjah. Karena amal shalih di dalamnya lebih dicintai Allah dibandingkan pada hari-hari lainnya.” Sahabat pun bertanya, “Walaupun (pada hari lainnya itu) kami melakukan jihad wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab, “Walaupun berjihad. Kecuali seseorang yang berjihad dengan mengerahkan seluruh jiwa dan hartanya, kemudian ia pulang dengan tidak membawa apapun dari apa yang telah ia kerahkan.”

Para ulama mengatakan, amal shalih pada hari-hari ini mencakup seluruh amalan. Baik puasa, sedekah, melakukan salat-salat sunat, silaturrahmi, menjenguk sahabat yang sakit, dan lainnya.

Dan Rasulullah Saw. senantiasa berpuasa pada hari-hari ini. Karena puasa merupakan amal yang tiada duanya. Dari Abi Imamah berkata, “Wahai Rasul, suruhlah aku untuk melakukan sebuah amalan.” Maka Rasulullah Saw. bersabda, “Berpuasalah, karena puasa merupakan amal yang tiada bandingannya.” (Shahîh Jâmi’)

Apalagi puasa pada 9 Zulhijjah, tepatnya di hari Arafah. Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa pada hari Arafah, maka ia akan diampunkan dosanya setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang.”

Tentunya puasa itu dengan penuh keikhlasan. Hanya berharap keridaan dan ampunan dari-Nya. Rasulullah Saw. bersabda, “Barang siapa yang berpuasa hanya karena mengharap keridaan Allah, maka surgalah balasannya.”

Semoga kita mendapat taufîq dari Allah, sehingga diberikan kemudahan untuk melakukan amal shalih pada hari-hari ini. Khususnya puasa pada hari Arafah dengan penuh keikhlasan, dan mengharap janji-Nya. Wallâhu al-musta‘ân.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s