Mencari Makna dan Nilai ‘M’

M

MENCARI MAKNA DAN NILAI ‘m’

Rangkaian rumus matematika, fisika, kimia, logaritma, statistic dan ilmu hitung lainnya adalah rangkuman penjelasan atas seuntai panjang teori yang berhubungan dengan banyak elemen. Ia adalah hasil pergulatan antara fakta, pertanyaan dan keyakinan, sesuatu yang juga beririsan dengan dimensi waktu. Tanyalah Einstein, ia harus bertarung antara fakta-fakta yang ada, keingintahuannya, keyakinannya dan waktu hidupnya untuk menemukan teori ‘e ‘ relativitas itu.

Selalu diawali tanya dan keyakinan, begitulah seluruh penemuan itu berawal. Dan para ilmuwan itu telah memberi kabar kepada kita bahwa “selalu ada jawaban untuk setiap pertanyaan”. Terlepas dari benar atau tidaknya jawaban itu. Tetapi ketika banyak orang yang setuju akan suatu jawaban, maka jawaban itu menjadi sesuatu yang ‘benar’. Meskipun pada dasarnya salah. Begitulah, nilai kebenaran beralih pada seberapa banyak orang yang setuju pada satu hal. Memang sulit mencari kebenaran itu, dan satu-satunya kebenaran yang mutlak adalah apa yang telah ditetapkan oleh Allah..

Meskipun begitu, tidak ada salah bagi kita untuk mencari jawaban. Malah ada sebuah tuntutan bagi kita untuk berfikir, mencari jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada.. (apakah kamu tidak berfikir?)

Maka mari kita berfikir sejenak, selesaikan pertanyaan ini.. menguji daya kreativitas kita masing-masing..

f=m.a –> m=f/a

jika, a: Adrian, f: fetriskha, maka m adalah ….

Jika nilai a :46 dan f : 23, maka berapa nilai m …

Pertanyaan ini hampir serupa juga pernah saya tulis pada kolom ‘status’ di f*cebook. Dan beragam jawaban yang muncul untuk mendefinisikan makna dan nilai ‘m’. Saya akan coba uraikan satu persatu..

1. Malas

Perlombaan mencari makna ‘m’ dimulai oleh Rivanli Azis, nyo ka wisuda bulan agustus ko. Menurutnya ‘m’ adalah malas. Kalau dilihat dari konsonan awalnya, maka bisa jadi jawaban ini betul. Tapi kalau dilihat substansinya, wah jelas bukan saya. Saya paling tidak suka ketika ‘down’ tanpa aktivitas. Karena bagi saya hidup adalah produktivitas, jika kita tidak disibukkan dengan kebaikan maka kita akan terseret sibuk dengan kemaksiatan.

2. Maling

Anna Ismaya mengartikan ‘m’ sebagai : maling. Hah, Maling?? Pencurian?? Ini sungguh tuduhan paling berat.. apalagi jika dilakukan pada malam hari maka akan dikenai ‘pemberatan pidana’. Dalam Hukum Pidana Indonesia sanksi hukumnya bisa sangat lama. Dalam Fiqh Jinayah, ini masuk kategori jarimah hudud, kalau syaratnya terpenuhi maka sanksinya adalah hukuman potong tangan. Wah.. berat nih, jika makna ‘m’ pada rumus ‘gila’ diatas adalah maling.. nilainya tentu menjadi nol? Karena harus dipenjara atau dipotong tangan.

3. Menikah

Ini definisi menurut Rahmad Rudi Yanto, Ketua FASPAR.. a maksud ajo ko koh? No comment.. no comment.. tak ti den alun masonyo lai mambahas ko. Ntah lah.. taingek se jadinyo syair ‘BERG*G**LAH’ nya tim nasyid “Suara Persaudaran”

4. Mujahid

Halimah Thussyahdiah Dalimunthe (semoga penulisan namanya tepat) mendefinisikan ‘m’ sebagai mujahid. Mujahid?? sebuah beban yang berat jika disematkan dengan nama saya. Tapi sekaligus sebuah do’a. Tapi benarkah ini makna yang tepat untuk ‘m’. ah hanya Allah jua yang tahu, karena ada banyak yang berkata mujahid tapi hati berniat lain (ingatkan kisahnya? Seorang syuhada yang dilempar ke neraka, karena tidak ikhlas berjuang). .. Tapi saya dan kita semua tentu berharap menjadi mujahid yang ikhlas berjuang di jalan Allah, bukan begitu diah? semoga Allah himpunkan kita semua dalam kelompok para mujahid.

5. Monyet

Hah. iko definisi menurut Anggun Mursika,(ko ikhwan, walau namonyo anggun) kordinator HUMAS LPI. Hah iyo saban kasa. Tapi tidak ilmiah, ya sudahlah lah, jawaban ini tidak benar. Teori Darwin ini mah.. sudah tidak MODE ON lagi, sudah dibantah habis oleh Harun Yahya.. kalo anggun masih percaya dengan teori Darwin, berarti ada yang salah..

6. M berarti mau ehmm

Definisi yang masih butuh definisi ini diberikan oleh Hanief Dwi Putra. Orangnya memang terkadang aneh.. mungkin karena baru selesai kompre, ia jadi begitu filsuf.. antahlah. Bingung juga menarik kesimpulan dari definisi yang diberikan hanief untuk makna ‘m’.

7. Melarat selah

‘m’ menurut ces (adik ahmad candra ato ahmad khan), iyo sabana manyindie.. mungkin karena saya hari ini lagi ‘unjob’. Walaupun sebenarnya tidak, karena Unjob yang dipahami oleh orang kebanyakan sungguh sangat berbeda dengan unjob yang saya fahami..

8. Maaa tau wak

Makin ke bawah.. definisi yang diberikan ‘ilmuwan’ ko semakin tidak ilmiah. Ini dari fauzi, beliau mengartikan ‘m’ sebagai MAAA TAU WAK. perhatikan ada tiga huruf ‘A’ yang di pakai, ini berarti ia cukup fans dengan Adrian, karena tiga buah huruf ‘A’ itu berarti ADRIAN, ADRIAN, ADRIAN..tau wak. Jadi dapat disimpulkan bahwa fauzi sudah tau ADRIAN sejak lama.

9. Tapi ada juga yang tidak memberikan jawabannya, namun mempertanyakan keabsahan pertanyaan. Dalam istilah ilmu kimia tindakan ini disebut sebagai reaksi single displacement (.. ngarang mode ON…). pelakunya : Fajrul Khairati, ini komentarnya : “patang rumus kimia,kini rumus fisika..lai bisa d pertanggungjawabkan secara science rumus2nyo tuh?”

Tantu lai nak? Giko-giko pernah juo baraja nan bantuak itu mah ul..

Ada satu pendapat lagi yang belum di tulis disini,, karena bertentangan dengan HAM; Hak Azazi ‘M’ . Ini saja dulu, sudah cukup mewakili..

Jadi adakah yang tahu, arti ‘m’ sehingga ‘a’ dan ‘f’ ada.

…..

f=m.a –> m=f/a

jika, a: Adrian, f: fetriskha, maka m adalah ….

Jika nilai a :46 dan f : 23, maka berapa nilai m …

…..

Semua jawaban diterima, asal jangan mengaitkan ‘m’ dengan nama orang. Bisa timbul fitnah. Ini hanya intermezzo, pelepas kusut sel-sel kelabu. Bukan phytagoras yang pasti, atau atom-atom pada ikatan kovalen yang ikatan elektronegativitasnya hampir tidak ada. Tidak juga serunut system respirasi.. hanya jenak saja..

Selamat

3 responses to “Mencari Makna dan Nilai ‘M’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s