Asrama Mahasiswa UNAND

our-home-e1332731332846

UNAND kian megah setelah ada beberapa gedung baru yang di bangun, Asrama Mahasiswa Unand merupakan salah satu dari Gedung-gedung baru yang dibangun oleh Pihak Rektorat dalam tahun-tahun terakhir. Total ada tiga asrama yang wajib diisi oleh seluruh mahasiswa baru yang lulus di Unand. Pak Rektor mengatakan bahwa, “Tidak satupun kampus besar di dunia yang tidak memiliki asrama mahasiswa“. Dengan adanya asrama dan program pembinaannya diharapkan akan terbentuk kualitas mahasiswa yang lebih baik. Maka jadilah itu sebagai alasan kuat untuk pendirian asrama unand.

Pada awalnya banyaknya tantangan dan nada protes dari masyarakat yang menolak pendirian asrama tersebut, karena tentu saja ini akan mengurangi pendapatan masyarakat yang menyediakan Rumah Kos disekitar Pasar Baru, target pasar mereka direbut pihak kampus. Pihak rektorat tidak gentar dengan nada protes itu, ah Rektorat memang pintar melobi. Perlahan nada protes mulai hilang dari Pasar Baru hingga Kepala Koto dan satu persatu asrama unand pun berdiri dengan megahnya.

Tapi karena ini barang baru, tidak langsung berjalan sebagaimana harapan. Kurangnya konsep pembinaan dan pengawasan terhadap penghuni asrama menyebabkan banyak hal-hal yang kurang baik terjadi disana.

Saya pernah bermalam di PKM, karena ada beberapa pekerjaan organisasi yang harus diselesaikan malam itu. Saat akan membeli nasi untuk makan malam ke warung di dekat asrama, saya menemukan cukup banyak mahasiswa yang duduk berpasang-pasangan. Saya yakin itu bukan penduduk disekitar kampus, karena ciri-ciri mahasiswa baru cukup mudah untuk di kenali; botak, kecil, agak takut kalau berhadapan dengan senior. Tiba-tiba saya serasa bukan sedang berada di kampus, ini lebih seperti Taplau atau Imam Bonjol. ASRAMA mahasiswa lalu menjadi lokasi ASMARA mahasiswa. Sudut-sudut PKM dan remang-remang jalan itu tak pernah sepi bahkan di malam seperti ini. Apa yang dilakukan disana? pastilah bukan diskusi tentang kuliah matematika, fisika, kimia atau kekisruhan politik dan Pergerakan Mahasiswa.

Perkara ini sudah sering dilaporkan ke pihak berwenang, tapi sayang tidak ada tindakan nyata terhadap perilaku itu. Padahal kampus ini sangat bangga dengan slogan KAMPUS BERMARTABAT yang terpampang besar di bundaran Rektorat. Jika sudah begini, bagian manakah dari perilaku itu yang pantas disebut bermartabat?

Untuk apa sebenarnya asrama? sekedar memenuhi ciri kampus terkenalkah atau untuk menjadikan mereka yang tinggal disana menjadi generasi unggul. Kalau generasi unggul adalah tujuannya maka mengapa pembinaan dan pengelolaannya tidak dikelola dengan maksimal.

Satu orang Pembina di setiap asrama tentulah tidak akan pernah maksimal, bagaiman mungkin satu orang akan mengawasi dan mengontrol seribu orang, sepuluh saja sudah membuat error. Maka diperlukan sebuah pola pembinaan yang terkelola dengan baik. Semisal menyediakan seorang kakak pembina disetiap lantai asrama, agar ada pembinaan dan pengontrolan perilaku mahasiswa akan lebih baik.

Tapi meskipun begitu, asrama tentu tetap memiliki sisi positif. Mesjid Nurul ‘ilmi tidak akan pernah sepi lagi disaat subuh, mahasiswa penghuni asrama telah meramaikannya. Semoga nilai positif disisi yang lain akan segera terwujud.

—————
Ruang Perjuangan. PKM Lt.II. 2008
Sore hari yang sejuk

Iklan

5 responses to “Asrama Mahasiswa UNAND

  1. yup spokat dengan apa yang disampaikan pak ketua nih. Semoga saja ada perbaikan nantinya. Slogan Unand bermartabat jangan hanya jadi penghias sudut-sudut unand. dan halte saja.
    Pernah beberapa orang ikhwah yang di suit-suit (bahasa indonesianya apa ya ?) oleh mahasiswi dari dalam asrama saat mereka lari pagi disamping asrama. naudzubillah. kalo demikian, unand tak bermartabat. tak sopan……………
    Moga cepat ditanggapi dan diperbaiki. Amiiin.

    NB : mereka adik-adik kita yang butuh bimbingan.

  2. sepertinya kebijakan kampus unand mengenai asrama salah sasaran, kenapa saya bilang salah sasaran. diantara mahasiswa yang diwajibkan tinggal di asrama banyak juga yang orang padnag yang notabene mempunyai rumah di padang, sehingga banyak diantara mereka yang sering tinggal di rumah mereka sendiri. akibatnya banyak kamar yang di asrama tersebut kosong saja karena penghuninya tidak tidur di asrama

    seharusnya rektorat memberikan kesempatan terhadap mahasiswa yang berasal dari daerah-daerah maupun kota-kota luar sumbar yang tidak memiliki sanak famili di kota padang. jadi pembangunan asrama tersebut tidak sia-sia karena termanfaatkan.

    http://sutanmudo.co.cc

  3. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Senang bisa bertemu dengan tulisan-tulisan yang membahas tentang asrama Unand. InsyaAllah ana diamanahkan sebagai salah satu pembina di asrama putra, bersama Haris Ikhwandi (Bio03). Ana juga cukup khawatir, jika suatu saat nanti, hal yang serupa juga terjadi pada adik-adik kita angkatan 2008 yang baru masuk Asrama awal Agustus kemaren.
    Sebagai gambaran, saat ini jumlah penghuni asrama putra sekitar 390-an orang yang berasal dari PMDK, SNMPTN, dan politeknik. Didampingi oleh 2 orang pembina. Jadi satu orang pembina mengawasi 2 lantai masing-masingnya. Ana sadar, ini adalah amanah yang sangat berat. 1 orang harus membina sekitar 195 orang.
    Ana mohon antum semua bisa membantu agar Asrama Mahasiswa Unand dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
    Tulisan-tulisan mengenai perkembangan Asrama sangat membantu kami yang diamanahkan sebagai pembina di Asrama Unand. Yang langsung bertemu dengan adik-adik asrama.

    Kritik dan saran mohon disampaikan ke :
    HP: 085263958036
    email : agus85center@yahoo.com
    blog : memaknaihidup.multiply.com and guswanto.wordpress.com

    Syukran Jazakallah
    Waslm

  4. Ass…Saudara ku penghuni asrama jika saudara adalah bagian dari asrama, saya sebagai alumni asrama 07, saya merasa sangat senang karena di dunia maya seperti ini kita bisa mengetahui asrama, dan jadikanlah asrama sebagai rumah yang terindah bagi saudara sekalian, karena saya telah merasakannya, apalagi setelah keluar dari asrama, mungkin orang mengenal saya sebagi P’Rt nya asrama dulu, bagi saudaraku para penghuni asrama yang ingin berbagi dan menayakan bagaimana kami dulu di asrama dan bagaimana cara kami dulu mengadakan sebuah kegiatan, saya sangat terbuka dan sangat senang berbagi.(saya punya saran..tolong tampilkan dan berikan informasi yang baik tentang asrama,karena asrama itu adalah bagian dari kita, jika kita berikan yang tidak baik maka yang jelek adalah kita sendiri)…Wass.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s